Hati hati dengan TOKOTENUN Palsu

Sejak tahun 2009, Tokotenun.com dikenal sebagai toko tenun online yang menyediakan kain tenun corak terbaik, kualitas terkontrol dengan harga relatif murah serta bergaransi. Reputasi dan kepercayaan konsumen membuat brand tokotenun.com digunakan berbagai pihak yang tidak bertanggungjawab dengan berusaha mengelabui masyarakat yang mulai menjadi pecinta tenun.

Memang ada benarnya ungkapan, “Plagiat adalah penghargaan tertinggi untuk sebuah karya.” Kenyataannya, hanya karya-karya terbaik yang banyak ditiru bukan? Namun, bagi konsumen plagiat tentu merugikan mulai dari mendapatkan karya palsu, kualitas buruk bahkan penipuan berkedok tokoonline.

Berbagai bentuk plagiatisme terhadap tokotenun.com diantaranya:

  1. Akun Facebook dan Twitter menggunakan nama Tokotenun.com atau nama lain yang mirip namun tidak berafiliasi dengan tokotenun.com (akun palsu/kloningan) . Akun Facebook dan twitter Tokotenun.com yang asli hanya di: 
  2. Situs web dengan alamat URL, judul halaman, slogan, gambar bahkan artikel dan keterangan produk yang sama atau mirip dengan Tokotenun.com. Pastikan Anda hanya membeli kain tenun di http://www.tokotenun.com untuk mencegah resiko penipuan.
  3. Kain tenun dengan corak motif yang mirip dengan produk di tokotenun.com. Meski produk dalam foto terlihat sama, namun produk tersebut tidak melalui quality control dan tidak menggunakan standar kualitas Tokotenun.com

Pastikan Anda melakukan kontak dengan no HP, email, BBM, WA, Facebook atau Twitter HANYA dengan nomor/akun yang tercantum di http://www.tokotenun.com

Jika Anda terlanjur menjadi korban penipuan melalui internet, Anda dapat melaporkan kejadian tersebut ke pihak yang berwajib, yakni polisi CyberCrime melalui email: cybercrime@polri.go.id

Tips Perbandingan Jasa Pengiriman Tokotenun.com Online

Pengiriman produk tenun ikat kepada pelanggan Tokotenun.com menggunakan jasa pengiriman pihak ketiga. Pelanggan dapat memilih jasa pengiriman yang tersedia. Selain sistem dan tarif, kinerja perwakilan di daerah pelanggan umumnya juga menjadi pertimbangan. Kinerja yang dimaksud misalnya kecepatan pengantaran dari kantor setempat ke alamat tujuan, barang bisa diantar atau pelanggan yang harus mengambil ke agen dan sebagainya.

Karenanya, kami memberikan beberapa alternatif jasa pengiriman sesuai kebutuhan dan kepercayaan pelanggan. Berikut jasa pengiriman yang dapat dipilih pelanggan:

  1. JNE
  2. JNE Express Across Nations merupakan jasa pengiriman barang toko online yang paling populer di Indonesia. Jaringan yang dimiliki luas, hampir seluruh wilayah di Indonesia mampu di jangkau.

    JNE mengambil barang pada pukul 12.00 WIB hari Senin-Sabtu. Agar dapat dikirimkan pada hari itu, pembayaran pelanggan harus masuk sebelum pukul 11.00 WIB dengan konfirmasi ketersediaan barang minimal satu hari sebelumnya. Contohnya, hari Senin siang pelanggan menghubungi customer services (CS) tokotenun.comuntukmemastikan ketersediaan barang. Selasa pagi jam 10.00 WIB transfer masuk, maka barang dapat dikirim melalui JNE Selasa siang jam 12.00. Namun jika transfer masuk hari Selasa jam 13.00 WIB, barang akan diambil JNE Rabu pukul 12.00 WIB.

    Dari gudang tokotenun.com, JNE hanya melayani jenis pengiriman regular dan khusus Jabodetabek dapat melayani jenis OKE (ekonomis).  Tarif dan estimasi waktu pengiriman dapat diperoleh dengan menghubungi CS tokotenun.com. Sebagai gambaran, pelanggan dapat mengecek tarif JNE di web http://www.jne.co.id dengan memasukkan area asal “semarang”. Status pengiriman juga dapat dicek di web tersebut.

    Note: Direkomendasikan untuk pembelian ritel/eceran

  3. Tiki
  4. Tiki-Titipan Kilat merupakan jasa pengiriman yang populer di toko online Indonesia. Area pelayanan pengiriman luas meski tidak seluas JNE, khususnya wilayah Indonesia Timur. Tarif relatif murah dengan estimasi waktu pengiriman hampir sama JNE. DI beberapa wilayah seperti pulau Sumatra, pelanggan akan diminta menjemput barang di agen jika lokasi tidak terjangkau.

    Armada Tiki berangkat pukul 10.00 WIB sehingga pelanggan tokotenun.com yang telah melakukan pembayaran sebelum pukul 09.00 WIB pesanannya dapat dikirim pada hari itu juga. Tiki melayani paket regular dan ONS (over night services). Tarif dan pengecekan kiriman dapat dilihat di web http://www.tiki-online.com dengan area Origin “Pecangaan Jepara”. Namun saat tulisan ini dibuat, fasilitas cek tarif belum dapat menampilkan data. Tarif Tiki relatif detail sehingga satu kota bisa berlaku dua tarif yang berbeda karena beda kecamatan. Untuk mendapatkan tarif Tiki silakan hubungi CS tokotenun.com.

    Note: Direkomendasikan untuk pembelian ritel/eceran

  5. RPX - Fedex
  6. RPX mempunyai keunggulan memiliki armada pesawat udara sendiri sehingga antar kota besar selalu dikirim lewat udara bukan jalur darat. Tarif pengiriman sedikit lebih tinggi dengan estimasi pengiriman barang lebih cepat. Tarif dapat dilihat di web http://www.rpxholding.com namun data origin Jepara tidak tersedia. Sebagai gambaran, masukkan origin “SEMARANG”.`Tarif lebih akurat hubungi CS tokotenun.com. Fasilitas pelacakan pengiriman juga tersedia di web.

    Untuk pengiriman ke luar negeri, RPX bekerjasama dengan jasa pengiriman internasional ternama, Fedex.

    Note: Direkomendasikan untuk pembelian ritel/eceran dan pengiriman ke luar negeri.

  7. Pos Indonesia
  8. PT Pos Indonesia dikenal dengan area pelayanan yang menjangkau seluruh wilayah Indonesia dan tarif lebih murah. Terdapat layanan paket pos (biasa) dan Pos Kilat Khusus. Tarif dan pelacakan pengiriman dapat dilihat di web http://www.posindonesia.co.id dengan kode pos kota asal “PECANGAAN (59462)”.

    Note: Direkomendasikan untuk pelanggan non-ritel yang mementingkan ongkos kirim minimal dan diantar sampai tujuan dengan waktu pengiriman tidak menjadi prioritas.

  9. Dakota Cargo
  10. Dakota cargo melayani area pulau Jawa, Sumatra dan Bali. Dapat diantar sampai tujuan untuk daerah perkotaan/pusat bisnis. Sesuai untuk kiriman dalam jumlah banyak (diatas 5kg) karena penghitungan tarif pertama adalah sekitar Rp50ribu/5kg. Kilogram selanjutnya bervariasi antara dua ribu sampai lima ribu rupiah. Tarif pengiriman hubungi CS tokotenun.com

    Note: Direkomendasikan untuk pelanggan non-ritel yang mementingkan ongkos kirim minimal dan diantar sampai tujuan dengan waktu pengiriman tidak menjadi prioritas.

  11. Bagasi Bis atau Travel
  12. Pengiriman melalui bagasi bis atau travel tersedia untuk kota Denpasar, Yogyakarta, Bandung dan Jakarta. Relatif cepat dan murah namun pelanggan mengambil barang di tempat dan jam yang ditentukan oleh sopir armada.

    Note: Direkomendasikan untuk pelanggan non-ritel yang mementingkan ongkos kirim minimal dan kecepatan waktu pengiriman serta bersedia mengambil barang sendiri di kota tujuan.

Alternatif pengiriman di atas membuat pelanggan tokotenun.com leluasa memilih jasa pengiriman sesuai kebutuhan

Ini Cara Merawat Kain Tenun

Kain tenun semestinya dirawat dengan cara khusus, berbeda dengan tekstil pabrikan. Agar warna, motif dan bentuknya tetap indah, perawatannya tidak boleh sembarangan. Seperti ini cara yang harus ditempuh untuk merawat kain tenun.

Pertama, kenali jenis kain tenunnya. Kain tenunnya yang terbuat dari benang sutera sebaiknya dicuci dengan dry clean. Sedangkan kain tenun yang terbuat dari bahan lain seperti katun, bisa dicuci sendiri dengan menggunakan tangan. “Namun, jangan menggunakan deterjen, karena bisa merusak warna asli kainnya dan luntur,” tukas  desainer Nani Rachmad .

Kedua, mencuci kain tenun sebaiknya menggunakan lerak yang biasa digunakan untuk mencuci batik. Penggunaan lerak bisa membuat warna kain tenun menjadi lebih cerah namun tidak luntur.

Kain Tenun Jangan Direndam

Ketiga,  saat mencuci kain tenun jangan direndam karena dapat merusak kain. “Pada dasarnya ketika menggunakan baju dari kain tenun pasti tidak akan terlalu kotor, jadi tidak perlu direndam. Tinggal dikucek sebentar dan dibilas,” tambah Nani.

Terakhir, kain tenun tidak boleh dijemur dibawah pancaran sinar matahari langsung. Sengatan panas mentari akan membuat warna kain menjadi belang. Jika kain tenun telah berwujud baju, jangan lupa untuk membalik kain ketika menjemur dan menyetrikanya. Bagian dalam baju yang dijemur dan disetrika. Menyetrika bagian depan atau luar baju bisa menyebabkan memudarnya warna kain. Jika terpaksa menyetrika bagian luar karena kedua sisi digunakan, pakailah kertas agar alas setrika tidak langsung menempel pada kain tenun.

Baca Juga:

Tips Pesan Kain Tenun

Pesan Kain Tenun - Pernah terbayang suatu kali nanti Anda membutuhkan kain tenun dalam jumlah banyak? Yup, saat ini kain tenun tengah diburu masyarakat. Kain ikat mulai dilirik untuk bahan seragam perusahaan, souvenir pernikahan dan acara lain yang membutuhkan keseragaman motif. Kain tenun memang memberi kesan etnik tradisional yang bukan pasaran.

Kalau kita mau memesan kain tenun dalam jumlah banyak, simak dulu tipsnya:

  1. Pesan Jauh-jauh Hari. Proses pembuatan kain tenun memerlukan waktu yang panjang dan dikerjakan dengan peralatan tradisional. Pembuatan yang terburu-buru akan mempengaruhi kualitas kain tenun yang dihasilkan terutama kerapian tatanan benang yang membentuk corak. Jika Anda memesan corak khusus, Anda mesti memberi waktu ekstra. Umumnya, tenun ikat dalam sebulan mampu memproduksi 30 potong kain ukuran 200×100cm. Semakin awal waktu pemesanan, hasilnya tentu semakin bagus.
  2. Pilih corak yang pernah dibuat Pengrajin. Bila Anda ingin “aman” dengan hasil produksi, mintalah gambar2 corak yang pernah dibuat pengrajin. Setelah cocok, Anda bisa membeli sepotong dahulu untuk melihat kerapian dan bahan yang digunakan. Cara ini akan menghemat waktu karena pengrajin tinggal membuat gambar yang sudah pernah dia buat. Perlu diingat, kain tenun merupakan handmade yang mengandalkan keterampilan tangan dan hasil pewarnaannya tidak bisa diperbaiki seperti halnya mebel. Maka memesan corak yang sudah pernah dibuat akan memperbesar kemungkinan sama antara sampel dengan hasilnya.
  3. Tenun itu Unik. Produk tenun tidak akan pernah sama persis kecuali dibuat oleh orang yang sama dan dikerjakan dalam waktu yang tidak berjarak lama. Mengapa? Kebanyakan pengrajin menggunakan insting dalam memberi pewarna benang. Mudahnya, seperti orang memasak dalam meracik bumbu. Sama-sama opor namun rasanya tidak sama bila dibuat orang yang berbeda. Dalam tenun, tidak jauh berbeda.  Maka, perlu Anda pertimbangkan ketika memesan corak khusus Anda mungkin akan mendapat “kejutan” corak meski secara garis besar tetap seperti pesanan. Saya pernah punya pengalaman menangani pesanan kain yang ternyata juga memesan dari orang lain dengan corak yang sama. Hasilnya semua layak, tapi tidak bisa digunakan karena keduanya tidak sama persis dalam hal warna. Maklum, bahan pewarna dan takaran pasti berbeda satu dengan yang lainnya.
  4. Sampel. Memesan kain tenun tanpa mengetahui hasil kerja pengrajin tentu membawa kekhawatiran akan hasilnya. Maka sah saja, bahkan saya sangat sarankan untuk melihat sampel. Anda bisa meminta potongan kain beberapa puluh senti namun lebih baik bila Anda membeli satu potong untuk melihat tekstur, bahan, dan warna aslinya. Namun bila Anda membuat corak khusus, pengrajin tidak bisa membuatkan sampel satu potong yang sesuai pesanan sebagaimana batik tulis atau pengrajin mebel. Karena corak kain tenun dibuat saat masih berupa benang, maka sekali membuat corak dan mewarnai langsung sama untuk sekali produksi. Untuk kain misris, paling tidak 8 potong sedangkan kain etnik tidak kurang dari 30 potong. Semua proses perawarnaan selesai sebelum benang ditenun.
Menarik kan memesan kain tenun? Bahkan memesannya pun perlu seni tersendiri, :)