Ikat kepala tenun merupakan kain tenun memanjang dengan lebar skitar 10 cm. Biasa dipakai untuk ikat kepala atau ikat pinggang. Berikut koleksi kain tenun ikat kepala yang cocok untuk Anda :


Ikat Kepala Tenun Lengkap

Mengenakan ikat kepala dipercaya memiliki makna filosofis tertentu bagi beberapa suku di Indonesia. Berbagai macam motif khas etnik juga terlihat jelas dari ikat kepala. Kini, ikat kepala merupakan salah satu perwujudan dari akulturasi antara budaya dan dunia fashion.

Karena saat ini, busana daerah merupakan pakaian tengah diupayakan untuk kembali dikenal oleh generasi muda dan ikat kepala adalah salah satu atribut pelengkap dari beberapa jenis pakaian adat atau pakaian tradisional daerah.

Biasanya di bagian tepi kain, terdapat garis lurus dengan warna tertentu sebagai pembatas motif. Sedangkan motif intinya berada di antara garis tepi tersebut. Meski bentuk ikat kepala tidak selebar selendang atau syal, namun ciri khas dari motif etnik khas tetap terlihat.

Tokotenun.com juga menyediakan produk ikat kepala tenun dengan pilihan lengkap. Ada ikat kepala bermotif etnik khas di antaranya motif Kalimantan yang ditenun dengan metode tradisional. Ukurannya kurang lebih 108 x 8cm. Dengan kualitas yang terjaga, ikat kepala ini dibanderol dengan harga relatif murah.

Selain itu, masih terdapat motif yang sama dengan ukuran  160 x 6 cm. Selain digunakan sebagai ikat kepala, produk ini dapat digunakan sebagai ikat pinggang kain ketika mengenakan pakaian polos terutama warna hitam atau putih.

Hadiah Buat Sahabat

Jika Anda menginginkan sebuah produk yang pekat akan budaya tradisional, ikat kepala bisa menjadi pilihan. Dengan harga yang terjangkau, Anda sudah bisa memiliki sebuah ikat kepala multifungsi.

Karena, ikat kepala juga dapat menjadi bandana bagi kaum wanita, sehingga benda ini sangat cocok jika dijadikan sebagai oleh-oleh atau hadiah kepada sahabat atau kerabat. Meski memiliki ukuran yang lebih kecil, ikat kepala juga dapat difungsikan sebagai syal untuk kepentingan fashion.

Anda juga dapat mencoba menghadiahkan ikat kepala kepada sahabat dan kenalan agar generasi kita dapat mengenal warisan budaya berupa kain tenun yang harus terus dijaga kelestariannya.