TOKOTENUN.com 0852-3410-5855 jual tenun baron. Jenis tenun kreasi kontemporer dengan motif timbul seperti songket. Kain tenun ini dibuat dengan alat tenun bukan mesin (ATBM) yang dilengkapi peralatan tambahan untuk menghasilkan corak timbul.

Keistimewaan songket baron di www.tokotenun.com adalah tenunan rapi dan padat sehingga terasa lembut di kulit dan nyaman dikenakan. Benang yang digunakan biasanya jenis rayon viscose yang mengkilap dan tampak glamor. Kain baron biasa digunakan untuk bahan kemeja pria, dress dan gamis wanita, serta bawahan. Beberapa pengrajin juga membuat kreasi tas tenun dari bahan baron polos.


Sekilas Kain Tenun Baron

Tenun baron merupakan salah satu jenis tenun yang ada di Indonesia. Kain tenun baron ini merupakan salah satu jenis kerajinan tenun kontemporer. Hasil inovasi alat tenun bukan mesin di zaman modern. Baron ini memang dibuat menggunakan alat tenun bukan mesin yang ditambah dengan satu perangkat alat untuk mengatur motif timbul pada benang. Jadi meskipun ada perangkat tambahan prosesnya tetap manual tidak menggunakan mesin. Jadi masih termasuk alat tenun bukan mesin.

Keunggulan Kain Tenun Baron

Keunggulan dari tenun Baron itu pertama adalah motifnya timbul. Jadi teksturnya timbul seperti kain songket. Motif timbul ini yang membuatnya berbeda dengan kain tenun ikat atau batik. Keunggulan kedua, tenun ini dapat dibuat dengan motif yang lebih detail. Bila kita ingin membuat motif kecil seperti logo dengan tulisan, maka tenun baron adalah pilihan yang tepat. Keunggulan yang ketiga, pembukaan kain baron biasanya mengkilap. Ini karena bahan yang dibuat dari sutera tahu bahan lain yang sejenis. Bila kita lihat secara sekilas tekstur kain baron mengingatkan kita dengan pakaian kerajaan dari kain sutra yang banyak dipakai film kolosal Tiongkok atau film Turki zaman Usmaniyah. Sampai sekarang songkat baron ini banyak dipakai bahan baju acara resmi. Beberapa pejabat negara yang pernah terlihat tenun baron adalah Jusuf Kalla, Tifatul Sembiring, dan Susilo Bambang Yudhoyono.

Sejarah Tenun Baron

Awalnya tenun baron ini merupakan produk dari tenun benang sutra. Jenis tenun ini dikembangkan oleh Baron Manansang di daerah Majalaya Jawa Barat dan dipasarkan di sebuat store daerah Kemang Jakarta. Seiring perkembangan waktu, teknik tenun dengan menggunakan tambahan alat kartu berlubang ini tidak hanya ada di Jakarta, namun juga berkembang di daerah lain seperti sentra tenun Troso Jepara. Di Troso Jepara, tenun baron sempat berkembang pesat dengan menerima pesanan motif pelanggan. Seragam instansi pemerintah, baju karyawan perusahaan, dan pakaian dinas pejabat membawa order untuk pengrajin tenun troso Jepara. Popularitasnya bahkan menyamai kain tenun Jepara motif Toraja yang saat itu sedang laris. Umumnya, pelanggan memesan tenun dengan motif menggunakan logo. Meski demikian, banyak juga pelanggan yang membeli tenun baron untuk pakaian sendiri, baju couple, dan baju sarimbit keluarga. Model baju yang dapat dibuat dari tenun songket baron seperti kemeja, dress, dan gamis, baik dengan kain baron polos satu warna maupun kombinasi beberapa warna. Karena banyaknya pengrajin tenun di troso Jepara yang membuat kain tenun Baron maka dikenal sebagai daerah penghasil wastra baron. Sampai sekarang, tenun baron menjadi salah satu jenis tenun khas Jepara.

Fungsi Tenun Baron

Tenun Baron mempunyai fungsi antara lain :
  1. Bahan pakaian dinas.
  2. Bahan baju pesta wanita.
  3. Bahan tas wanita.
  4. Bahan baju sarimbit keluarga.
  5. Bahan baju tenun couple seperti kemeja dan dress.
  6. Seragam pegawai dinas.
  7. Seragam karyawan perusahaan.
  8. Bahan busana muslim seperti gamis.

Bahan dan Harga Tenun Baron

Bahan benang untuk membuat kain tenun merupakan yang menentukan harga kain tenun. Berikut bahan benang tenun yang dipakai untuk membuat kain beserta kisaran harga tenun baron :
  1. Bahan benang sutra. Kain Baron yang dibuat dengan benang sutra sintetis mempunyai harga sekitar Rp1.000.000
  2. Bahan benang sutra campuran atau semi sutra. Kain Baron yang dibuat dengan bahan ukuran benang sutra dengan bahan lain seperti katun atau rayon mempunyai harga sekitar Rp500.000
  3. Rayon viscose. Kain dengan bahan rayon viscose dibanderol dengan harga Rp150.000 - Rp250.000 sesuai dengan banyaknya kombinasi warna dalam motif kain. Banyaknya kombinasi warna dalam motif kain ini yang disebut dengan istilah 1 dimensi, dua dimensi, atau tiga dimensi.
Demikian sekilas tentang kain tenun baron. Bila Anda ingin membeli kain tenun baron online dengan variasi lengkap harga paling murah sampai paling mahal, dengan banyak motif yang cantik, serta mendapat garansi dari pabrik pengrajin yang jual, tokotenun.com tempatnya. Pusat kain tenun online di Indonesia yang jual songket baron terbaik untuk Anda.

Kata terkait : baron tenun kain baju model motif store polos songket jual timur jawa sby kota ikat biyan jepara jakarta address adalah dress harga grosir troso gamis kemeja toraja kemang