Kain tenun dari Nusa Tenggara Timur (NTT) saat ini sedang digandrungi termasuk anak muda. Semakin banyak pula yang tertarik mengunjungi NTT dan membeli kain tenun ikat khas dari Sumba, Flores, Maumere dan sekitarnya. Namun, banyak yang kemudian bingung dengan cara memakai kain tenun NTT.

Sebarnya bagaimana cara pakai kain tenun NTT ya? Bagaimana pula memadukan kain Sumba NTT dengan pakaian sehari-hari?

Memakai Kain Tenun NTT untuk Sarung

Desainer Didiet Maulana berpendapat, selama ini pemakaian kain Sumba NTT memang lebih banyak digunakan sebagai sarung untuk bawahan. Hal ini karena tekstur dan berat kain NTT.

Untuk memakai kain tenun NTT sebagai bawahan seperti sarung, seorang Fashion Stylist Chitra Subiyakto, memberikan tips penggunaan tenun ikat NTT agar terlihat lebih stylish dan modern.

Caranya, Anda bisa melipat seperti penggunaan kain biasa. Sepertiga bagian kain dikeluarkan, sehingga terbentuk dua lapis, lalu diikat dengan tali tersebut.

“Kalau mau tampil lebih gaya, tambahin stagen, ditumpuk di atas kain yang tadi udah dilipat, atau pakai ikat pinggang juga bisa,” kata Chitra.

Mamakain Kain Tenun NTT untuk Baju Dress

Anda juga bisa menggunakan kain tenun untuk dress atau kemben. Caranya mudah, mulai pakai kain hingga atas dada. Selanjutnya, ikat kain dengan menggunakan tali tambahan yang sudah kamu pasang di kain sebelumnya. Pada bagian atas, kamu bisa tambahkan model baju outer, seperti jaket, t-shirt atau tank top.

Dipakai untuk Syal yang Dipadukan dengan Atasan Kaos

Untuk tampilan santai, kain tenun NTT bisa dilipat agak pendek dan dipadukan dengan atasan kaos yang ditambah aksesoris kalung. Gaya ini sering dipakai artis dan penyanyi Andien.

Cara memakai kain tenun NTT yang lain dapat dilihat pada tulisan berikut:

Baca : Cara Memakai Tenun Ikat NTT ala Artis Dian Sastro

Baca : 3 Cara Memakai Kain Tenun Tanpa Dijahit

Sumber : Kompas.com, Fimela.com,