Fungsi kain tenun Toraja – Dalam kehidupan masyarakat suku Toraja, kegunaan kain adat adalah sebagai berikut :

Fungsi Kain Tenun Toraja

  1. Kain tenun ikat sebagai simbol kemakmuran. Masyarakat yang mempunyai kain tenun menunjukkan status ekonomi yang mapan dan makmur. Hal yang wajar mengingat harga kain tenun yang tidak murah.
  2. Sebagai simbol strata sosial. Kain tenun motif tertentu merupakan simbol kedudukan dan jabatan pada strata sosial masyarakat. Demikian pula motif pada kain tenun akan menunjukkan kelas sosial sang pemilik.
  3. Sebagai pakaian dalam upacara adat. Dalam upacara adat, pakaian pemuka adat dan sesepuh tentu terbuat dari kain tenun dengan motif dan corak khusus yang biasanya terlarang untuk dikenakan masyarakat biasa.
  4. Sebagai mahar dalam perkawinan. Dalam perkawinan di Toraja, kain tenun ikat mempunyai kegunaan sebagai mahar untuk pengantin.
  5. Sebagai pakaian yang dikenakan setiap hari. Fungsi kain tenun Toraja sebagai pakaian keseharian merupakan hal yang paling sering dilihat. Semua masyarakat mengenakan untuk menutupi badan dan menghindari udara dingin malam maupun terik matahari di siang hari.

Itulah beberapa fungsi kain tenun Toraja yang sangat terkenal. Keberadaannya pun membuat kagum orang yang pertama melihat Toraja. Kain adat yang sangat mempesona. Apa Anda ingin memilikinya?


Kain Tenun untuk Anda

Tokotenun.com jual kain tenun ikat yang ditenun dengan alat tenun bukan mesin. Anda dapat memilih produk kain tenun di bawah ini, beli online, dan pesanan dikirim ke alamat Anda melalui jasa pengiriman. Aman dan bergaransi sampai 7 hari.

Koleksi kain tenun di bawah ini merupakan sebagian dari kain tenun paling relevan dengan minat Anda. Lihat juga kain tenun ikat lengkap pada kategori Kain Tenun Ikat di website www.tokotenun.com sekarang juga.