Kain tenun Sabu Raijua mulai dikenal wisatawan terkini khususnya sebagai pakaian adat Nusa Tenggara Timur atau NTT. Sebagaimana kita ketahui, Sabu dan Raijua merupakan dua pulau di NTT. Sejak tahun 2008, dua pulau tersebut ditambah pulau kecil bernama Pulau Dana ditetapkan menjadi Kabupaten tersendiri bernama Sabu Raijua.

Kabupaten Sabu Raijua memang dikenal memiliki pesona wisata yang mengagumkan. Kepulauan hasil pemekaran Kabupaten Kupang ini menyimpan keindahan alam dan kampung tradisional yang penuh dengan budaya unik.

pulau penghasil kain tenun sabu raijua NTT
Suasana alam di Pulau Sabu, daerah penghasil kain tenun Sabu Raijua NTT

Tenun Sabu Raijua dan Kampung Adat Budaya

Di Pulau Sabu (ada yang menyebut dengan ejaan Sawu atau Savu) ada beberapa Kampung Adat, misalnya kampung Kudji Ratu di Sabu Timur dan Kampung Namata. Wisatawan yang berkunjung ke kampung adat tersebut diwajibkan untuk mengenakan sarung atau selimut dari kain tenun Sabu Raijua.

Tenun Sabu biasanya terdiri dari ei atau sarung, higi atau selimut, dan naleda atau selendang. Ketentuan memakai kain tenun di kampung adat tersebut bertujuan untuk menghormati adat istiadat setempat.

Tenun Sabu dibuat dengan material benang yang direntangkan pada langa agar mudah diikat. Cara pengikatan benang adalah dengan membuat pola kemudian benang diikat sesuai motif yang telah dibuat.

Motif tenun Sabu Raijua biasanya terdiri atas tiga warna khas Astronesia yang digunakan. Ketiga warna tersebut dihasilkan dari pewarna alam, warna biru atau hitam dari racikan nila, merah dari mengkudu, sedangkan kuning berasal dari kunyit.

Motif kain Sabu Raijua umumnyaberupa motif geometris, juga flora dan fauna. Corak tersebut disusun berderet dalam jalur teratur dalam lembaran kain yang indah.

Cara mengenakan kain tenun Sabu Raijua sangat sederhana. Pertama, kain diikat di pinggang, lalu sisanya dilipat ke depan denganmemperlihatkan motif ikatan. Untuk pakaian malam, masyarakat setempat biasanya menambahkan naleda atau selendang yang kedua ujungnya menggantung di depan.


Kain Tenun Pilihan

Di Tokotenun.com Anda dapat beli kain tenun yang ditenun dengan alat tenun asli bukan mesin. Pilih dan pesan hasil kerajinan kain tenun berikut selagi stok masih tersedia :