Corak Batik Atau Tenun Indonesia Paling Terkenal

Corak Batik atau Tenun

TOKOTENUN.com – Corak batik atau tenun Indonesia yang paling dikenal luas. Apa saja motif kain tradisional Indonesia yang populer diseluruh dunia? Yuk, simak informasinya.

Pada Hari Batik Nasional yaitu setiap tanggal 2 Oktober hampir semua karyawan di Indonesia memakai seragam batik. Bahkan setiap hari apa pun banyak kita temui wastra ini dikenakan orang sebagai pakaian kerja maupun baju sehari-hari. Kain tradisional ini memang terkenal di seluruh pelosok nusantara.

Bahkan sejak UNESCO menetapkannya menjadi warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan non-bendawi pada 2 Oktober 2009 silam, dapat dikatakan batik sudah populer di seluruh dunia. Maka tidak heran bila kain tradisional ini menjadi inspirasi baru pada even pameran fashion di berbagai penjuru dunia. Sementara kain tenun juga semakin dikenal di Indonesia.

 

Corak Batik Atau Tenun Paling Terkenal

Tahukah kamu, corak batik atau tenun yang paling terkenal? Kita simak dulu motif batik ya

Pertama, motif Parang. Coraknya bersujud menyerupai huruf “S” dengan posisi miring dan berombak memanjang. Motif Parang populer di kalangan pengrajin batik seluruh pulau Jawa, baik di  Jawa Tegah, Jogjakarta maupun Jawa Barat. Perbedaan tiap daerah tidak signifikan, biasanya pada kreasi aksennya saja yang tidak sama.

Kedua, motif Kuwung. Corak asal Jawa Tengah ini merupakan salah satu motif legendaris paling terkenal di Indonesia. Dulunya sering dipakai oleh orang kerajaan. Motif batik Kawung bentuknya menyerupai buah aren.

Ketiga, motif Batik Mega Mendung. Corak Batik yang berwujud seperti awan dengan corak warna yang melukiskan suasana mendung. Motif yang dilukis pada prinsipnya berupa garis-garis lengkung yang menjadi bentuk gumpalan awan. Batik mega mendung biasanya dibuat dengan warna biru, putih, dan abu-abu yang melambangkan warna di langit saat cuaca sedang mendung.

Nah, ketiga motif itulah yang menurut kami menjadi motif legendaris paling populer. Sebenarnya masih banyak lagi motif batik seperti motif Sogan, motif Batik Tujuh Rupa, Motif Gentongan dan lain-lain. Sementara motif tenun terdapat motif Nagasari Bali, motif Kuda Sumba, motif Nanas Lombok dan masih banyak lagi. Nah, apa corak batik atau tenun kesukaanmu? Tulis dikolom komentar ya…