Jenis Kain Tenun Nusantara Asli

Apakah Anda suka memakai busana yang berbahan kain tenun? Kain tenun menjadi salah satu karya tekstil yang bernilai seni sangat tinggi. Ada berbagai jenis kain tenun nusantara asli yang dibuat dengan teknik turun temurun di berbagai daerah di Indonesia.

Kain tenun termasuk salah satu jenis kain yang dihasilkan dari proses menenun yang menggunakan cara sederhana. Prosesnya yaitu teknik persilangan antara benang lungsi dan benang pakan secara bergantian. Perlu diketahui, benang lungsin adalah benang yang disusun secara vertikal, sementara benang pakan adalah benang yang disusun secara horizontal.

Berbicara mengenai kain tenun memang ada banyak hal yang harus Anda ketahui. Mulai dari jenisnya yang beragam hingga harga yang sangat bervariasi dan relatif mahal.

Nah sebagai penghuni nusantara yang kaya dengan kain tenun, alangkah baiknya kita terlebih dahulu mengetahui jenis kain tenun yang Anda di Indonesia. Inilah jenis kain tenun nusantara asli :

Tenun Sumba

Jenis dan Harga Kain Tenun

Tenun Sumba merupakan salah satu bentuk seni kerajinan dari kekayaan budaya milik provinsi Nusa Tenggara Timur atau NTT. Perlu diketahui, kain tenun Sumba ini dihasilkan oleh kaum perempuan dari Sumba, NTT.

Seni kerajinan dalam bentuk sehelai kain yang dihiasi dengan dekoratif indah, desain menarik. Selain itu juga komposisi yang harmonis serta dengan beragam bentuk hiasanya yang memiliki karakteristiknya tersendiri. Ada beberapa motif yang biasanya digunakan pada kain tenun Sumba seperti motif kuda, ayam, buaya, dan rusa.

Tenun Toraja

Jenis dan Harga Kain Tenun

Kain tenun Toraja merupakan salah satu seni kerajinan yang memiliki simbol keterkaitan antara manusia dengan alam dan lingkungan. Tenun Toraja memang menjadi warisan leluhur yang sampai saat ini masih dijaga kelestariannya.

Oleh karena itu, tidak mengherankan kain tenun Toraja ini memiliki kedudukan yang sangat tinggi di dalam masyarakat Toraja. Kain tenun Toraja tidak hanya memiliki peranan penting dalam upacara adat, namun juga berguna sebagai simbol kemakmuran serta kejayaan.

Dulunya kain tenun Toraja ini hanya digunakan oleh kalangan tertentu saja, seperti kaum bangsawan ataupun masyarakat yang ekonominya mampu. Bahkan untuk memiliki kain tenun ini para masyarakatnya akan menukarnya dengan hewan ternak seperti kerbau.

Untuk itu, tidak mengherankan jika seikat kain ini sering digunakan untuk membayar pajak. Selain itu juga sebagai tanda perdamaian antar kelompok aristocrat yang melakukan perang.

Tenun Ulos

Jenis dan Harga Kain Tenun

Kain ulos merupakan kain tradisional di Indonesia yang turun temurun dikembangkan oleh masyarakat Batak. Tenun ulos umumnya lebih dominan dengan warna merah, putih, kuning dan hitam. Selain itu juga dihiasi oleh berbagai tenunan dari benang perak dan emas.

Prinsip yang diterapkan dalam pembuatan kain tenun ulos ini serupa dengan cara pembuatan songket khas Palembang.

Ada beberapa jenis kain tenun yang dikenal dalam adat Batak, yakni ulos ragi hotang, ulos ragidup dan ulos sibolang. Berbicara mengenai harga kain tenun ulos ini tentunya cukup bervariasi dan tergantung dengan jenis kain yang digunakan.

Tenun Mbojo

Kain tenun mbojo merupakan salah satu bentuk seni kerajinan dari kebudayaan khas Bima, NTB. Kain tenun khas Bima ini bisa dikatakan cukuplah populer.

Apalagi proses pembuatan kain tenun mbojo ini biasanya akan dipadukan dari tiga warna benang ataupun lebih. Selain itu juga ditenun dengan pola zig-zag.

Tenun Troso

Tenun troso adalah salah satu jenis kain tenun asal Jepara atau lebih tepatnya dari Desa Troso. Kain tenun troso umumnya berupa kain yang ditenun dari helaian benang Lungsin dan benang pakan.

Sebelumnya kain ini sudah terlebih dahulu diikat dan dicelupkan kedalam zat pewarna alami. Untuk penggunaan teknik pengerjaannya juga masih menggunakan alat tenun bukan mesin (ATBM).

Pada dasarnya, kain tenun Troso ini dapat dijahit sebagai pakaian ataupun perlengkapan busana, penghias interior rumah hingga kain pelapis mebel.

Tenun Sambas

Tenun Sambas mempunyai motif yang sangat indah dan cantik. Sehingga tidak mengherankan siapa saja yang melihat kain tenun dari Kalimantan Barat ini akan langsung terpesona dengan keindahannya.

Kain tenun Sambas termasuk jenis kain tenun pakain yang umumnya dihiasi dengan benang emas. Selain itu kain tenun ini juga memiliki keunikan pada motifnya yaitu pucuk rebung yang menyerupai tunas tumbuhan bambu.

Kain tenun Sambas memiliki makna kerendahan hati dan semangat agar Anda terus maju. Berbicara mengenai harga kain tenun Sambas ini terbilang masih sesuai dengan isi kantong konsumen Indonesia. Sehingga Anda tidak perlu khawatir mengenai harga kain tersebut.

Tenun Buna Insana

Kain tenun buna insana yang berasal dari NTT merupakan jenis kain tenun full handmade. Saat ini kain ini cukup populer diantara para pecinta kain tenun nusantara.

Tenun buna insana hadir dengan warna yang sangat indah dan full colour. Sehingga tidak mengherankan kain tenun ini sangat cocok dijadikan sebagai baju tenun dan aneka souvenir lainnya.

Perlu diketahui, untuk pembuatan kain tenun buna insana termasuk cukup sulit karena untuk pembuatannya membutuhkan waktu yang lama. Apalagi setiap motif yang ada di kain tenun ini dilakukan dengan menggunakan sistem anyaman tangan. 

Tenun Gringsing

Kain gringsing merupakan satu-satunya jenis kain tenun di Indonesia yang dibuat dengan menggunakan teknik dobel ika. Selain itu juga membutuhkan masa pembuatannya 2-5 tahun.

Kain tenun yang berasal dari Desa Tenganan, biasanya digunakan dalam upacara khususnya seperti upacara pernikahan hingga keagamaan. Kain tenun gringsing yang makna penolak bala ini biasanya yang digunakan untuk upacara khusus ialah kain yang berusia ratusan tahun.

Harga Berbagai Jenis Kain Tenun

Seperti yang dijelaskan diatas, ada banyak sekali jenis kain tenun tradisional di seluruh Indonesia. Masing-masing kain tenunnya juga memiliki motif yang berbeda-beda sesuai dengan filosofi daerahnya.

Berbicara mengenai harga kain tenun ini memang sangat berbeda-beda dan tergantung dengan pemilihan jenis bahan kain yang ingin Anda gunakan. Selain dilihat dari jenis bahan, harga kain tenun juga sangat dipengaruhi oleh motif kain yang diaplikasikan.

Bagi Anda yang sedang mencari kain tenun dengan penawaran harga yang sesuai budget yang dimiliki. Maka Anda bisa langsung menyesuaikan pemilihan kain tenun dengan budget yang Anda miliki tersebut.

Nah, bagi Anda yang sedang mencari kain tenun yang ditawarkan dengan harga terjangkau untuk setiap meter atau gulungannya. Maka tidak perlu khawatir lagi, karena kini Anda bisa langsung berburu kain yang sesuai keinginan.

Anda bisa memperoleh berbagai ukuran, motif, benang dan warna kain dengan cepat dan mudah. Hal ini dikarenakan Anda bisa membeli kain tenun berkualitas standar hingga tinggi melalui toko online.

Bagi Anda yang ingin memperoleh harga kain tenun terbaik maka Anda bisa langsung berkunjung ke tokotenun.com milik kami. Kalian juga bisa menonton beberapa video tenun di channel youtube tokotenun.com.

Summary
Jenis Kain Tenun Nusantara Asli
Article Name
Jenis Kain Tenun Nusantara Asli
Description
Ada berbagai jenis kain tenun nusantara asli yang dibuat dengan teknik turun temurun di berbagai daerah di Indonesia. Berikut
Author
Publisher Name
Tokotenun.com
Publisher Logo