8 Motif Kain Tenun Endek Bali Paling Populer

motif kain tenun endek

Motif kain tenun endek Bali terkenal kaya warna, indah dan beragam. Berikut 8 motif endek paling populer yang perlu kita tahu.

Bali bukan hanya dikenal dengan keindahan alamnya, tetapi juga ragam adat budayanya. Salah satu budaya masyarakat Bali yang sangat unik dan menarik adalah pada kain tenunnya. Di Bali terdapat kain tenun khas daerah yang tak kalah dengan kain tenun lain, yang disebut kain tenun endek Bali.

Motif kain tenun endek Bali sangat beragam dan menarik. Semuanya sangat cocok dijadikan cinderamata. Jadi jika anda ingin berlibur ke Bali, Anda bisa membeli beberapa kain tenun endek Bali untuk dibawa sebagai kenang kenangan.

Pada artikel ini kami akan merangkum untuk Anda tentang ragam jenis motif kain tenun endek yang ada di Bali. Berikut 8 motif endek Bali paling populer :

  1. Encak Saji
  2. Wajik Ukir
  3. Endek Patra
  4. Motif Rang-rang
  5. Wayang
  6. Motif Songket
  7. Jumputan
  8. Fauna

1. Motif Endek Encak Saji

Salah satu motif kain endek yang cukup populer adalah motif Encak Saji. Motif yang satu ini bisa dengan mudah Anda temukan di berbagai tempat di Bali.

Motif Encak Saji ini memiliki corak seperti perpaduan 4 buah lupis yang dibentuk seperti bunga. Waran dari kain endek motif Encak Saji sangat beragam.

Biasanya, motif kain yang satu ini paling umum ditemui di berbagai upacara adat di Bali. Misalnya digunakan sebagai atribut suci pada pura,digunakan sebagai sarana persembahan, dan pada keperluan upacara adat lainnya. Kain Endek Encak Saji ini sangat cocok digunakan bersama kebaya.  

2. Motif Kain Tenun Endek Wajik Ukir

Selain motif Encak Saji, kain endek juga memiliki motif kain tenun Endek Bali lain yang sangat menarik, yaitu motif Wajik Ukir. Corak yang digunakan pada kain endek motif Wajik ukir ini menyerupai pola lupis yang disusun secara berjejer. Di setiap bentuk lupisnya terdapat motif bunga yang sangat menarik.

Setiap baris lupis dibuat dengan warna berbeda sehingga kain endek motif Wajik Ukir ini terlihat sangat menarik. Apa lagi pada umumnya warna latar kain yang digunakan cenderung berwarna gelap.

Tampilan motif dari kain endek motif Wajik Ukir ini terlihat sangat elegan. Biasanya kain yang satu ini digunakan oleh para pengrajin saat menenun kain. 

3. Motif Kain Tenun Endek Patra

motif kain tenun endek

Motif Endek Patra juga jadi salah satu motif kain endek yang sangat digemari banyak orang. Kain yang satu ini dibuat dengan corak yang cukup rumit. Namun karena kesan rumit tersebut lah motif Endek Patra ini begitu disukai.

Di Bali sendiri motif Endek Patra dikenal memiliki makna simbolik yang sakral. Sehingga motif yang satu ini begitu dihormati.

Menurut sejarahnya pada jaman dulu, hanya para penguasa yang bisa menggunakan kain motif Endek Patra. Masyarakat biasa tidak berhak memakainya.

Namun pada masa sekarang aturan tersebut sudah tidak berlaku lagi. Siapa pun kini bisa mengenakan keindahan kain motif Endek Patra ini. 

4. Motif Kain Tenun Endek Rang Rang

Motif Kain Tenun Endek

Motif kain tenun Endek Bali lain yang juga tak kalah menarik dari kain endek ini adalah motif endek Rang Rang. Motif yang satu ini dikenal juga sebagai tenun Cepuk Rang Rang.

Corak yang ditampilakan pada motif endek Rang Rang ini seperti bentuk zig zag dan bisanya diterapkan pada berbagai warna yang cerah menarik. Seperti warna ungu, hijau, kuning, biru, merah, dan yang lainnya.

Kain motif endek Rang Rang ini sangat mudah di temui di daerah Nusa Penida Bali. Karena dari sana lah morif endek Rang Rang ini berasal. Jika anda berkunjung ke pulau Nusa Penida, kain motif endek Rang Rang tidak boleh anda lewatkan. 

5. Motif Endek Wayang

Motif Kain Tenun Endek

Motif lain dari kain endek adalah motif endek Wayang. Motif yang satu ini dinamai motif endek wayang karena memang menggunakan corak pewayangan pada desainnya. Mulai dari tokoh tokoh wayang, kendaraan wayang, bunga, dan yang lainnya.

Umumnya kain motif endek Wayang juga lebih didominasi kain warna gelap. Dan ukiran pada kain dibuat dengan warna kuning, orange, hijau, dan warna cerah lain.

Biasanya kain motif endek Wayang ini dikenakan oleh orang tua yang sudah berumur 35 tahun ke atas. Karena jika dilihat dari tampilannya, kain yang satu ini terlihat agak tua, sehingga kurang cocok digunakan anak muda. 

6. Motif Endek Songket

Motif lain dari kain endek yang juga sangat menarik adalah motif endek Songket. Coraknya sendiri pada umumnya sama dengan corak kain songket lain. Didominasi dengan ukiran bunga bunga yang disusun secara segi enam.

Motif endek songket berbeda dengan kain songket pada umumnya terutama dalam benangnya. Motif endek songket menggunakan benang bahan rayon, sedangkan kain songket lain menggunakan benang yang berwarna perak dan emas sebagai bahan dasarnya.

Warna warna yang digunakan pada kain motif Endek Songket ini juga didominasi warna kuning, merah muda, biru, hijau, dan warna cerah lainnya. 

7. Motif Endek Jumputan

Jenis kain endek lain adalah motif endek jumputan. Motif yang satu ini disebut jumputan karena dibuat dengan teknik jumput. Teknik jumput maksudnya pada kain endek ditaruh motif yang dinginkan, kemudian kain tersebut dilipat lalu diikat.

Teknik pengikatan dibuat berbeda beda agar motifnya makin menarik. Setelah itu kain akan dicelupkan ke dalam zat pewarna yang berbeda beda. Pada saat dicelupkan pewarna tersebut akan membentuk motif motif yang menarik pada kain.

Biasanya jarak antara satu motif dibuat agar berjauhan dengan motif lain, agar tidak terjadi saling tindih. Motif endek jumputan ini juga dapat anda temukan dengan mudah di berbagai tempat di Bali. 

8. Kain Endek Motif Fauna

Kain endek juga memiliki motif yang memasukkan unsur unsur hewan di dalamnya yang disebut sebagai kain endek motif Fauna. Pada motif kain yang satu ini berbagai jenis fauna baik yang terdapat di laut, di darat, maupun di udara dimasukkan sebagai unsur pelengkap pada dekorasi. Sehingga tampilan corak kain jadi terlihat semakin semarak dan menarik.

Biasaya kain endek motif fauna juga memiliki tema dan makna khusus.  Bagi anda yang menyukai kain endek dengan banyak ukiran, maka kain endek motif fauna bisa anda jadikan sebagai pilihan. Kain endek motif fauna ini cocok dijadikan kemenja atau juga gaun. 

Saat ini kain endek bukan hanya populer di Bali saja, tetapi juga sudah dikenal sampai ke berbagai belahan dunia. Jika Anda berlibur ke Bali, maka kain Endek bisa anda jadikan salah satu alternatif oleh oleh Anda. Tetapi jika Anda tidak sempat berlibur ke Bali, tak perlu khawatir.

Anda tetap bisa mendapatkan kain tenun khas daerah ini tanpa perlu datang langsung. Caranya dengan mengunjungi toko online yang menyediakan berbagai pilihan motif kain endek Bali. Pada toko online tersebut Anda bisa menemukan berbagai jenis kain endek dengan motif yang sangat menarik. Tentu saja kualitas bahannya sangat terjamin.

Selain itu harga yang ditawarkan toko online ini juga sangat murah. Anda kini bisa mendapatkan motif kain tenun Endek Bali dengan mudah lewat toko online. Salah satunya di tokotenun.com. Selain itu, kamu juga bisa menonton beragam video tenun di channel youtube tokotenun.com.

Summary
8 Motif Kain Tenun Endek Bali Paling Populer
Article Name
8 Motif Kain Tenun Endek Bali Paling Populer
Description
Motif kain tenun endek Bali terkenal kaya warna, indah dan beragam. Berikut 8 motif endek paling populer yang perlu kita tahu.
Author
Publisher Name
Tokotenun.com
Publisher Logo