Baju Tenun Pria

Kriteria Sarung Tenun yang Bagus, Apa Cirinya?

Sarung tenun yang bagus itu seperti apa? Merk apa atau bagaimana cara memilihnya? Sarung pada umumnya adalah kain yang terbentuk dengan menyambungkan kedua sisinya dengan menggunakan teknik jahit. Biasanya, pembuatannya dengan teknik tenun baik tradisional, menggunakan alat tenun bukan mesin, atau memakai alat tenun mesin.

Kain sarung bisa digunakan dalam bentuk formal dan casual, atau biasanya dipakai pada acara tradisional  mulai dari acara pernikahan hingga acara keagamaan. Pakaian jenis tersebut juga paling berguna untuk acara sehari-hari misalnya untuk bersantai di rumah.

Sarung tenun menjadi pakaian yang tidak lepas dari masyarakat. Sarung sangat banyak pemakaiannya di Indonesia karena pada umumnya sarung banyak berguna bagi keseharian masyarakat di berbagai daerah. Penggunaannya yang mudah dan terkesan simpel membuat sarung menjadi banyak pilihan masyarakat untuk digunakan dalam berbagai kesempatan. 

Berbagai merek sarung pun terkenal luas di Indonesia. Ada merek nasional kelas atas seperti Sarung BHS dan Sarung Ketjubung. Ada juga merek dengan kelas di bawahnya. Contohnya, berbagai jenis sarung Atlas dan harganya yang sangat terjangkau. Sedangkan merek lokal misalnya Sarung Masjhur yang populer di area Semarang, Demak, Jepara, Kudus, dan Pati. Meski lokal, namun harga Sarung Masjhur tidak kalah mantap dengan merek premium nasional.

Dalam proses pembuatannya, sarung terbuat dari dua cara yaitu dengan cara tradisional yaitu dengan menggunakan alat tenun mesin (ATM) dan alat tenun bukan mesin (ATBM). Pada ATM sendiri, biasanya pembuatan secara manual sehingga membutuhkan waktu yang agak lama untuk menghasilkan satu kain tenun. Pada ATBM karena menggunakan mesin khusus maka proses pembuatannya lebih cepat. 

Sarung Tenun Kualitas Bagus

Bagi anda yang ingin membeli sarung tenun dalam waktu dekat. Berikut adalah beberapa cara yang tepat untuk memilih sarung tenun yang dapat anda terapkan :

Kerapatan Benang

Hal pertama yang harus anda lakukan saat memilih kain sarung yang bagus adalah dengan melihat kerapatan benang dalam pembuatan sarung. Saat ingin membeli sarung yang berkualitas, anda harus teliti dalam memilih kualitas yang ada pada sarung. Pilih sarung dengan kerapatan benang yang rapat, sehingga sarung dapat memiliki daya tahan yang kuat dan tidak mudah untuk sobek sehingga sarung dapat Anda gunakan dalam jangka waktu yang lama.

Harga

Jika anda ingin memiliki kain sarung dengan kualitas premium, tentunya anda harus merogoh kocek yang cukup dalam untuk mendapatkan kain sarung yang bagus. Kain yang berkualitas bagus biasanya tidak ada sambungan, sehingga harga nya jauh lebih mahal. Jika sarung dibuat dengan sambungan biasanya harganya juga beragam ada yang mahal ada juga yang terjangkau. Pilih produk sarung dengan harga yang dapat menyesuaikan dengan anggaran anda merupakan pilihan yang tepat. Namun, Anda juga perlu untuk melihat kualitas kain yang dimiliki sehingga anda dapat mendapatkan sarung yang bagus.

Bersertifikat

Untuk dapat memberikan anda kenyamanan dalam memilih sarung yang berkualitas, akan lebih baik jika anda memilih kain sarung dari merek yang berkualitas yang terbukti dengan sertifikat yang ada. Merk sarung yang bersertifikat akan memberikan anda kualitas kain sarung yang dapat terjamin kualitasnya. 

Model Corak yang Terbaru

Kain sarung yang paling banyak masyarakat gunakan adalah kain sarung dengan motif kotak-kotak. Bahkan motif kotak-kotak sudah menjadi ciri khas dari sarung kain. Meskipun bermotif kotak-kotak, kualitas  model sarung yang modern juga sudah berkembang, sehingga kualitasnya semakin bagus dengan seiring perkembangan zaman. Selain itu, ada juga kain sarung yang bermotif batik yang juga banyak tersedia di pasaran. Pilihlah model sarung yang kekinian yang penggunaannya untuk berbagai kegiatan atau acara. Hal ini akan memudahkan anda untuk bisa tampil stylish dengan sarung tenun.

Tips Beli Sarung di Toko Online

Toko online saat ini telah populer di kalangan masyarakat untuk membeli berbagai kebutuhan, salah satunya adalah membeli sarung tenun. Kain sarung tenun saat ini  juga banyak tersedia di toko-toko online yang ada di Indonesia. Untuk dapat membeli sarung tenun di toko online, ada baiknya anda untuk mencari informasi terkait toko-toko online yang menjual sarung dengan kualitas yang bagus. Jangan asal untuk memilih toko online, hal ini untuk menghindari membeli sarung tenun yang palsu. Sarung tenun yang berkualitas yang bagus dan memiliki merek yang terkenal juga dapat barang palsunya dengan mudah. Oleh karena itu, penting untuk melakukan research terlebih dahulu untuk menentukan toko online yang terpercaya.

Melihat review dari pelanggan

Melihat review dari pelanggan yang sudah melakukan pembelian sebelumnya dapat menjadi acuan anda untuk memutuskan dalam memilih untuk membeli sarung tenun baik di toko offline maupun online. Jika ingin membeli di toko online,ada baiknya anda untuk melihat review yang ada untuk mencari tahu kelebihan dan kekurangan dari sarung. Selin itu, mencari tahu review dari pelanggan terhadap pelayanan toko juga dapat menjadi pertimbangan untuk memilih toko online yang tepat. Untuk memilih toko offline, anda bisa untuk menanyakan kepada keluarga ataupun teman dekat yang sudah mengetahui tempat yang tepat untuk membeli sarung tenun yang berkualitas.

Perhatikan Perawatan

Mencari review dari internet mengenai kualitas sarung dapat memberikan anda gambaran terkait dengan perawatan yang tepat agar sarung tenun dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama. Melihat review ini juga membantu anda untuk memilih sarung dari beberapa pilihan yang mungkin dapat membingungkan anda. Pada dasarnya untuk perawatan pada sarung tidak jauh berbeda dengan kain lainnya. Perawatan berguna untuk membuat sarung tenun dapat memiliki kualitas yang dapat terus terjaga dengan baik sehingga tidak mudah untuk sobek ataupun terlihat usang.

Sarung Tenun Berkualitas Terlihat dari Jenis Bahan

Memilih bahan yang berkualitas merupakan hal yang paling penting yang perlu mendapat perhatian. Bahan yang bagus dan berkualitas dapat menjamin sarung tetap bagus dalam jangka waktu yang lama. Sebelum anda memilih sarung tenun, Anda sebaiknya mengetahui jenis bahan yang digunakan. Pada umumnya sarung tenun terbuat dari bahan katun, polyester, dobby premium jeli, bahan sutra sintetis, dan sutra asli. Untuk kain sutra sintetis, sutra asli dan doby premium jeli biasanya mempunyai harga yang lebih mahal. Hal ini karena kualitas yang hadir bahan juga sebanding dengan harga yang Anda bayar. Pada dasarnya keputusan dalam memilih sarung tergantung dari pilihan anda. Pilih sarung yang berkualitas. Hal ini bisa terlihat dari kualitas bahan yang tidak kaku dan tidak rigid. 

Jika anda memilih untuk membeli di toko online, anda bisa mengetahui kualitas sarung dengan melihat kolom deskripsi yang ada pada produk. Dari situ, Anda akan menemukan informasi yang lengkap terkait dengan produk sarung yang ingin anda beli.

Pilih Sarung Tenun yang Nyaman

Kain sarung dapat digunakan di berbagai acara dan kegiatan yang beraneka ragam. Karena itu, memilih kain sarung selain berkualitas juga harus memberikan kenyamanan pada saat pemakaiannya. Pilih kain sarung yang longgar dan menggunakan kain yang halus untuk memudahkan anda untuk bergerak dengan lebih leluasa. Kain sarung yang agak kaku kemungkinan akan mengganggu anda dalam beraktivitas dan melakukan gerak sehingga anda merasa tidak nyaman. Pastikan anda untuk memilih sarung dari merek yang kualitasnya terjamin. Memilih sarung dari merek yang berkualitas akan memberikan anda kemudahan dalam memilih sarung tenun yang beraneka ragam dengan kualitas yang bagus. 

Nah buat kamu yang ingin membeli sarung tenun atau produk tenun yang lainnya, kamu bisa langsung mengunjungi website tokotenun.com. Kamu juga bisa menonton beberapa video menarik seputar tenun di channel youtube tokotenun.com.