Selendang Tenun Multifungsi

Mendengar kata selendang pasti tidak asing lagi di telinga kita ya gaes. Selendang adalah kain panjang yang biasa diselempangkan di tangan.

Kali ini saya akan membahas selendang tenun asli warisan budaya lokal yang kini menjadi primadona karena keunikan berbagai motif yang dimilikinya.

Biasanya selendang tenun ini memiliki ukuran panjang 192 cm x lebar 46 cm. Selain bisa dipakai sebagai selempang, selendang tenun ternyata bisa dipakai sebagai hijab lho gaes.

Multifungsi banget kan?

Eits, gak cuma itu aja, kalau kalian mau buat kombinasi juga bisa. Misal kamu mau buat tas atau pouch, bisa kamu kombinasi dengan selendang agar menambah kesan etnik kamu.

Dalam adat Bali, selendang biasanya dipakai untuk aksesoris atau pelengkap pakaian dengan cara diikat di perut.

Tak hanya sekadar pelangkap pakaian agar bawahan tidak melorot ya, ternyata selendang menyimpan makna filosofis juga.

Filosofi Selendang

Filosofi selendang yang pertama adalah sebagai simbol pembimbingan. Artinya orang tua mesti mengajarkan anak anak agar berperilaku baik dalam kehidupan.

Makna filosofi selendang yang diikatkan pada tubuh adalah sebagai perlambang pengikat niat buruk dalam jiwa manusia. Agar keburukan dapat dikendalikan sehingga tidak membuat kerusakan di muka bumi.

Mengikatkan selendang pada perut juga merupakan simbol pemisah bagian tubuh atas yang lebih suci dengan bagian tubuh bawah.

Bagi gadis yang belum menikah, memakai selendang di perut secara filosofis berarti menjaga rahim agar tetap suci sampai waktunya menikah.

Makna yang kedua adalah saat memasuki area suci seperti Pura, Senteng bermakna sebagai pengikat niat buruk dalam jiwa manusia. Agar niat buruk tidak timbul dan membuat kegaduhan.

Karena Selendang atau Senteng ini dipakai biasanya di area pinggang, perut, atau dada, selendang juga bermakna sebagai pemisah antara tubuh bagian atas yang lebih suci dengan tubuh bagian bawah.

Serta makna yang terakhir adalah jika dipakai perempuan yang belum menikah adalah supaya perempuan yang mengenakan senteng bisa menjaga rahimnya agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan sebelum waktunya menikah.

Tinggalkan Balasan