Tenun Troso Motif Hujan Gerimis Jadi Baju Dinas PNS Jepara

KAIN TENUN TROSO MOTIF HUJAN GERIMIS MENJADI PAKAIAN ADAT BAJU DINAS DI JEPARA

TOKOTENUN.com – Guna mengangkat budaya kerajinan lokal, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara, Jawa Tengah, menentukan busana adat Jepara menggunakan kain tenun Troso motif hujan gerimis. Baju adat tersebut akan dikenakan sebagai pakaian dinas pegawai Pemkab Jepara pada tanggal 10 setiap bulan.

Ketentuan baju adat khas Kabupaten Jepara secara resmi dilakukan melalui surat edaran (SE) Bupati Jepara nomor 431/9799 yang berlaku mulai 1 Oktober 2019. Sebelum kain tenun motif hujan gerimis ditetapkan sebagai pakaian adat, berbagai pembahasan pun telah dilakukan oleh pihak terkait hingga akhirnya muncul kesepakatan bersama untuk menetapkan busana adat tersebut.

Lihat Juga: Produk Kain Tenun Motif Hujan Gerimis + Harga

Peraturan Baju PNS Jepara untuk Pria

Secara detail, pakaian adat Jepara untuk baju PNS pria terdiri atas beskap lengan panjang dengan kerah berdiri berbahan tenun Troso motif hujan gerimis. Baju adat pria Jepara dilengkapi rompi warna putih juga dengan model kerah berdiri.

Untuk model celana panjang, terlihat longgar dengan warna hitam. Sedangkan penutup kepala bergaya pesisiran khas Jawa Tengah. Begitulah peraturan yang diedarkan.

Model Seragam PNS Wanita di Jepara

Adapun pakaian adat Jepara untuk wanita berupa kebaya kartini lengan panjang. Bahan yang digunakan dari kain tenun motif hujan gerimis. Renda emas dipasang pada krah kebaya hingga melingkar pada leher bagian belakang serta pada ujung lengan kanan kiri.

Bawahan kain tenun Troso dengan motif ragam hias Jepara. Kain atau sarung tersebut dililitkan sebagai bawahan tanpa wiru. Baju adat wanita Jepara ini juga dilengkapi selendang tenun dengan motif yang sama dengan bawahan.

Untuk alas kaki yang dikenakan berupa sandal jinjit atau klompen. Tata rambut bagi yang tidak berhijab diatur agar rapi tidak terurai.

Baca Juga: Tenun Troso Jepara yang Murah

Gambar Baju Tenun Troso Motif Hujan Gerimis

Berikut gambar baju tenun Troso bermotif hujan gerimis khas Jepara:

KAIN TENUN TROSO MOTIF HUJAN GERIMIS MENJADI PAKAIAN ADAT BAJU DINAS DI JEPARA
Tenun Troso motif hujan gerimis dipilih jadi bahan pakaian adat Jepara

Sementara sbelumnya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga membuat surat edaran (SE) Nomor 065/0016031/2019, yang menghimbau pegawai dan karyawan Pemprov Jateng wajib mengenakan pakaian adat Jawa Tengah pada Kamis pekan pertama hingga ketiga, dan pakaian adat nusantara pada Kamis pekan terakhir.

Tujuan diterbitkannya surat edaran tentang pakaian adat Jawa Tengah itu sebagai upaya pengenalan, pembinaan dan pengembangan kebudayaan nasional, serta untuk melestarikan kebudayaan Jateng.

“Para pejabat birokrasi Pemprov Jateng harus dapat menjadi teladan dan mendukung kebijakan mengenakan pakaian tradisional baik Jawa maupun nusantara,” kata Ganjar.

Jual Kain Tenun Troso Motif Hujan Gerimis untuk Seragam Dinas PNS Jepara

Bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), mencari bahan kain tenun untuk seragam dinas kadang menjadi hal merepotkan. Di tengah kesibukan dinas, masih harus datang mengunjungi toko atau pengrajin tenun.

Di TOKOTENUN.com pegawai dan karyawan ASN di Jepara dapat tanya tanya dan memesan kain tenun Troso motif hujan gerimis lewat aplikasi Whatsapp (WA). Bisa juga pesan via marketplace Shopee, Bukalapak, atau Tokopedia.

Toko yang Jual Kain Tenun di Shopee

Keunggulannya, bisa pilih motif dan tanya stok dari rumah atau kantor. Begitu ada yang sreg, baru deh datang untuk beli. Lebih hemat waktu dan tenaga.

Selain itu, bisa juga langsung bayar lewat transfer bank. Pengiriman dalam kota tersedia ojek online yang bisa datang dalam hitungan menit.

Kekurangannya, stok kain tenun motif hujan gerimis sangat terbatas saat tulisan ini dibuat. Permintaan lebih banyak daripada waktu pembuatan kain tenun. Bila antrean pre-order tenun terlalu banyak, biasanya kami menutup order sampai semua pesanan jadi. Karenanya, begitu ada kiat beli langsung hubungi kami di nomor Telp/WA 0852-3410-5855

Tinggalkan Balasan