5 Kain Tenun Paling Laris di Pasaran Online

kain tenun paling laris laku untuk jualan online di internet tokopedia bukalapak shopee di kainratu tokotenun

TOKOTENUN.com merangkum motif kain tenun paling laris di pasaran online saat ini. Kain tenun apa yang laris manis di internet?

Berikut daftar tenun yang paling laris untuk reseller dan dropshipper yang jualan produk Tokotenun.com:

  1. Tenun Toraja
  2. Tenun NTT
  3. Tenun Donggala
  4. Tenun Lombok
  5. Tenun Jepara

Penyebutan nama tenun dalam artikel ini mengacu kepada motif atau corak yang terlihat pada kain tenun, bukan pada daerah tempat pembuatan tenun atau daerah kelahiran pengrajin yang menenun. Terkadang, satu kain tenun mempunya motif gabungan dari dua daerah atau lebih. Sedangkan sebutan paling laris mengacu pada gabungan data penjualan, minat pelanggan, dan hasil pencarian terhadap produk tenun yang dijual di situs jualan tenun online Tokotenun.com.

Inilah tenun yang laris di pasaran online saat ini:

1. Tenun Toraja.

tenun toraja tenun paling laris laku buat jualan online by tokotenun com

Tenun Toraja saat ini benar benar sedang berada di puncak popularitas sebagai tenun yang terkenal di Indonesia. Dukungan even budaya, wisata dan sejarah membuat kerajinan tenun Toraja menjadi kain tenun paling laris saat ini.

Motif tenun Toraja paling terkenal berbentuk bidang segitiga dengan corak seperti anak panah yang tersusun selang – seling ditambah garis zig –zag yang membentuk pola. Sementara motif lain yang juga populer adalah corak kait dan sekon yang menggambarkan tubuh manusia. Lokasi sentra tenun yang laris ini ada di Sa’dan To’barana, Toraja Utara.

Dewasa ini, tenun Toraja banyak dibuat menjadi baju wanita dan baju pria. Model bajunya juga banyak dibuat lebih modern. Inovasi yang menjadikan tenun Toraja sebagai kain tenun paling laris dan terkenal di Indonesia.

2. Tenun NTT.

tenun sumba NTT tenun paling laris laku buat jualan online by tokotenun com

Tenun Nusa Tenggara Timur (NTT) mempunyai ragam corak paling laris dan kaya ragam di Indonesia. Merupakan salah satu tenun yang terkenal di Indonesia. Tidak hanya di pusat kota Kupang, hampir tiap kabupaten di NTT memiliki corak khas yang menyimpan nilai sejarah adat turun temurun. Salahsatu daerah tenun paling terkenal adalah tenun Sumba. Keberadaan tenun Sumba yang telah diakui UNESCO membuat motif kuda lebih dahulu melesat popularitasnya.

Tak hanya pemerintah daerah di Kupang, promosi pejabat pemerintah pusat dan artis nasional seperti Dian Sastrowardoyo yang rajin memakai tenun juga turut andil. Ledakan popularitas tenun NTT pun tak terhindarkan dan menjadikannya sebagai kain yang laris di cari di dunia maya.

Ditambah keindahan wisata alam penunjang, lengkap sudah keberadaan tenun NTT sebagai lambang keindahan tenun yang terkenal di Indonesia. Tak heran, di internet pun tenun NTT menjadi salah satu kain tenun paling laris.

Baca Juga:

3. Tenun Donggala.

tenun donggala tenun paling laris laku buat jualan online by tokotenun com

Kemunculan tenun Donggala sebagai salah satu kain tenun paling dicari di internet memang cukup mengejutkan. Apalagi berada di peringkat 3 besar tenun paling laris. Popularitasnya di media sosial sebenarnya tidak tinggi. Demikian pula di dunia selebriti, hampir tidak ada artis yang mempromosikannya dengan memposting di media sosial.

Meski demikian, kekhasan tenun Donggala sebagai kain tradisional dengan bahan benang sutera ternyata diam diam digemari pengguna internet. Bahannya mewah dan ada tenun yang ada tambahan benang emas. Cara mencuci sarung tenun sutera juga tidak susah.

Baca Juga:

Lonjakan perhatian nitizen pada tenun Donggala biasanya terjadi saat mendekati puasa dan hari Raya Idul Fitri. Ditengarai, produk jualan paling laku adalah sarung Donggala. Pakaian khas Indonesia yang memang selalu laris menjelang bulan puasa.

4. Tenun Lombok.

tenun lombok tenun paling laris laku buat jualan online by tokotenun com

Tenun Lombok sempat menjadi primadona di Indonesia setelah beberapa selebriti tanah air tampil dengan busana dari kain khas Nusa Tenggara Barat tersebut. Bahkan, desainer baju muslim kondang Dian Pelangi secara khusus pernah membuat rancangan dari songket Lombok yaitu jenis tenun yang berasal dari lombok. Hasil karyanya pun mengundang decak kagum wanita Indonesia terutama kalangan hijaber muda.

Sekarang ini, tenun Lombok yang sedang laris manis adalah jenis ikat kepala untuk traveler dan pendaki gunung. Pecinta alam yang biasa kemah dan menjelajah gunung rasanya tak lengkap tanpa syal dan ikat kepala bergaris khas tenun Lombok. Satu lagi, syal tenun Lombok harganya relatif murah membuat keberadaannya makin dicari remaja dan mahasiswa pendaki gunung. Makin laris saja ya tenun yang berasal dari Lombok.

5. Tenun Jepara.

tenun jepara troso tenun paling laris laku buat jualan online by tokotenun com

Tenun Jepara terkenal dengan adaptasi motifnya yang menyerap ornamen atau corak khas dari berbagai daerah di Indonesia. Tak heran, jenis tenun dan ragam hias kain yang dihasilkan lebih kaya dan dinamis dibandingkan daerah lain. Selain itu, etos kerja keras dan efektifitas pembuatan tenun membuat pengrajin di Desa Troso Jepara mampu menyediakan kain tenun dalam waktu yang relatif cepat dan harganya lebih murah. Nggak heran kan, tenun Jepara termasuk yang paling laris.

Baca Juga:

Kekurangannya, tenun jepara tidak mempunyai corak yang menjadi pakem khas atau motif bersejarah yang dibuat secara turun temurun. Selain menyerap motif dari daerah lain, kreasi asli pengrajin tenun Jepara biasanya tidak bertahan lama. Mereka mengikuti permintaan pasar. Terkadang, dalam tiap bulan pengrajin mengganti motif yang mereka ciptakan dengan ragam corak baru. Tujuannya agar kain tenun yang mereka hasilkan tetap laku terjual di pasaran. Terbukti, kegigihan pengrajin dalam membuat dan menjual secara online membuat Tenun Jepara berada di 5 besar tenun paling laris di internet.

Tenun Paling Laris Lain

Selain 5 tenun paling laku di atas, masih ada tenun lain yang agak menurun popularitasnya di internet. Bukan karena tidak bagus corak atau tenunannya namun justru sudah sangat terkenal sehingga pencarian di internet relatif sedikit. Termasuk tenun yang dalam kategori demikian adalah tenun endek Bali, tenun Rangrang Nusa Penida Bali, Songket Bali, dan Songket Palembang.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Tenun Paling Laris
Author Rating
51star1star1star1star1star

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *