Tips Merawat Kain Tenun yang Baik dan Benar

Hello gaes, welcome back to my blog

Dalam blog saya kali ini ingin berbagi tips cara merawat kain tenun yang baik dan benar. Bagi kalian yang belum tahu cara merawatnya wajib bagi kamu membaca artikel saya sampai selesai supaya kain tenun yang kamu miliki bisa awet.

kain tenun adalah kearifan lokal berbagai daerah di Indonesia yang unik yang harus dijaga supaya bisa tetap lestari. Kain tenun dibuat dengan teknik tenun, yakni teknik menggabungkan benang lungsin (benang yang disusun sejajar) dan benang pakan (benang yang disusun sejajar yang dimasukkan oleh tangan penenun ke susunan benang lungsin atau ke mesin). 

Teknik ini kebanyakan masih dikerjakan secara tradisional atau dengan alat tenun bukan mesin (ATBM) dan perlu waktu yang panjang. Hal inilah yang membuat harga kain tenun ikat tak murah.

Karena harganya yang bisa dibilang cukup mahal, terkadang sampai-sampai kain tak dicuci agar kain awet dan warnanya tidak pudar. Padahal seharusnya tetap dirawat dengan proses pencucian.

Nah, proses pencucian gunanya untuk menghilangkan debu dan menjaganya agar tetap bersih. Kain tenun cukup dicuci seperti biasa dengan sabun yang lembut, misalnya sabun silky, sabun khusus untuk batik atau lerak, Atau bisa juga pakai sampo bayi.

Dan saat mencucinya pun tidak perlu direndam ke dalam air sabun, tapi cukup dicelupkan dan jangan dikucek terlalu kuat.

Untuk proses penjemurannya sendiri tidak boleh terkena sinar matahari secara langsung karena akan membuat warna dari kain tenun cepat memudar.

Tinggalkan Balasan