Beli Domain Murah Buat Bisnis, Ini Untungnya!

Beli Domain Murah untuk Bisnis

Beli domain murah pernah menjadi perbincangan hangat kami saat bertemu komunitas pengusaha. Di antara pengusaha tersebut sekaligus juga pelanggan kami yang rutin membeli baju tenun buat menunjang penampilan pengusaha dalam bisnis. Terlebih pengusaha yang aktivitasnya banyak bertemu pejabat pemerintahan. Mau tidak mau mereka mesti meyesuaikan diri dengan memakain pakaian dari bahan kain tradisional seperti batik dan tenun ikat.

Nah, mengenai domain murah 2020 kami akan membahas topiknya. Sebagaimana kita ketahui, domain artinya nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi alamat server komputer di internet. Fungsinya tentu untuk mempermudah pengguna internet mengakses server, tanpa perlu mengetikkan IP address. Contoh nama domain ya seperti tokotenun.com ini.

Penting nggak sih punya domain untuk bisnis? Pertanyaan yang bisa dimengerti mengingat jualan online sekarang banyak caranya. Bisa lewat media sosial seperti Facebook dan Instagram. Banyak kan yang hanya memakai media sosial saja bisnisnya laris manis sampai kewalahan memenuhi order. Selain media sosial, bisa juga lewat marketplace. Bukan rahasia lagi jualan lewat Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak banyak pembelinya dan gratis.

Dengan kondisi seperti itu, apa masih perlu bersusah payah membuat dan menulis blog dan mengeluarkan uang buat beli domain berbayar?

Sejauh pengalaman kami, iya! Selama 10 tahun bisnis online dengan jual kain tenun ikat, domain banyak membawa manfaat yang terasa sampai sekarang. Dengan domain yang mudah diucapkan, punya domain sangat membantu saat pelanggan bertanya lewat telepon. Bisa lihat produknya di mana? Langsung jawab, tokotenun.com.

Bayangkan kalau kami mesti menjelaskan link alamat akun kami di media sosial atau marketplace, rawan salah! Begitu pelanggan buka media sosial eh ketemunya akun penjual lain. Nama di media sosial dan marketplace memang mirip miripkan? Apalagi kalau kita memakai nama yang membidik kata kunci. Sering kesasar dah pelanggan kita.

Manfaat Beli Domain Murah untuk Bisnis

Nah kalau channel andalan kita memang di media sosial atau marketplace, ternyata ada trik jitu biar alamat akun mudah diingat pelanggan. Yap, pakai domain yang di redirect ke alamat akun media sosial atau marketplace. Cara ini efektif untuk pelanggan yang belum familiar dengan instagram, shopee, tokopedia, atau bukalapak.

Motede ini juga mencegah resiko pelanggan tersesat di marketplace yang penuh dengan toko serupa. Kita hanya perlu modal beli domain murah. Tidak perlu hosting unlimited. Harga domain .com per tahun di situs yang jual domain murah seperti rumahweb.com, hanya Rp 125.000.

Cara kedua, domain yang kita beli diarahkan ke blog gratisan seperti blogspot. Meski isinya blog gratisan, domain berbayar yang diterapkan membuat blog terlihat lebih berkelas. Tidak lagi gratisan karena domainnya berbayar. Meski hosting murah juga banyak, cara ini efektif bila kita ingin lebih praktis mengelola blog tanpa dipusingkan masalah hosting.

Bila ingin lebih optimal, tentu domain di hubungkan dengan server yang memerlukan jasa hosting. Lebih optimal karena kita bisa leluasa mengelola isi website. Bisa dioptimasi agar tampil di halaman pencarian Google. Jadi banyak peluang tambah pelanggan baru kan?

Ringkasnya begini. Beli domain murah buat bisnis ini untungnya :

  1. Domain bisa di-redirect ke akun media sosial atau marketplace.
    Berguna untuk mempermudah pelanggan mengingat alamat bisnis kita di internet.
  2. Domain bisa dipasangkan di blog gratis seperti Blogspot.
    Berguna untuk membuat blog gratis terlihat lebih berkelas untuk bisnis. Alamat blog jadi lebih kredibel dibagikan di kartu nama, brosur, atau spanduk dengan biaya tahunan hanya memperpanjang domain.
  3. Domain meningkatkan peluang di temukan pada mesin pencari.
    Search Engine Optimization (SEO) dengan domain dan self-hosting akan lebih leluasa dilakukan sehingga yang memberi peluang tampil di halaman mesin pencari seperti Google. Dengan demikian, web kita lebih mudah ditemukan pelanggan baru.

Nah, itu sekilas berbagi pengalaman tentang penggunaan domain untuk bisnis. Sampai sekarang, kami pun menyimpan beberapa domain yang sekiranya bagus untuk pengembangan bisnis ke depan. Yah, itung itung investasi. Tahu kan kalau nama domain sudah diambil orang, mau dibeli juga mahalnya minta ampun. Bisa puluhan sampai ratusan juta rupiah. Makanya setelah cek domain kok sudah ada nama yang cocok dan masih tersedia, langsung beli domain murah secepatnya.