Cara Membuat Batik Tulis Sederhana Bagi Pemula

langkah cara membuat batik cap tulis celup tradisional di indonesia

Tokotenun.com Batik tulis adalah salah satu jenis batik asli Indonesia yang cara membuatnya dengan menggunakan teknik tradisional menggunakan tangan manusia. Batik adalah salah satu kesenian dan budaya bangsa Indonesia yang diakui sebagai peninggalan budaya oleh UNESCO. Oleh karena itu di sini akan membahas bagaimana cara membuat batik tulis sederhana dan singkat sehingga mudah diterapkan di rumah.

Cara Membuat Batik Tulis Sederhana

Berikut cara membuat batik tulis sederhana yang benar :

  1. Menyiapkan Alat dan Bahan.
  2. Membuat Lukisan Pola Pada Kain Mori.
  3. Membatik dengan Mengisi Pola dengan Menggunakan Malam.
  4. Pewarnaan Awal dan Lukis Kembali Menggunakan Canting dan Malam.
  5. Melakukan Pewarnaan Kedua dan Lukis Kembali Begitu Selanjutnya Sampai Semua Warna yang Dibutuhkan.
  6. Menghilangkan Lapisan Lilin.
  7. Mencuci Kain Batik yang Telah Selesai Diwarnai.
  8. Jemur Kain dan Mulai Bisa Digunakan.
alat dan bahan membuat kain batik tulis

Menyiapkan Alat dan Bahan

Cara membuat batik tulis yang pertama diawali dengan persiapan. Anda harus menyiapkan hal yang paling pertama dan yang paling utama dalam proses pembuatan kain batik adalah menyiapkan alat dan bahan untuk membatik yaitu kain mori atau kain jenis lain sebagai media untuk melukis batik. Kain mori dipilih karena murah dan mudah didapatkan bagi para pemula.

Pastikan kain mori tidak mengandung kanji dari pabrik sehingga bisa Anda rendam dahulu semalaman, paginya bisa dipukul-pukul, dibilas, dan kain bisa diberi kanji lagi. Pemberian kanji ini sangat penting untuk mencegah lilin atau malam tidak meresap dalam kain dan agar mudah dihilangkan.

Selain kain mori, Anda juga harus menyediakan beberapa alat dan bahan lainnya seperti : canting untuk melukis dengan malam. Gawangan untuk menjemur kain, Lilin atau disebut dengan malam, panci, kompor untuk memanaskan lilin, dan larutan pewarna

Langkah pembuatan batik tulis yang satu ini memang sangat penting dan krusial. Sebab jika ada satu saja peralatan dan bahan membuat batik tertinggal atau tidak ada maka Anda akan kesusahan. Bahkan tidak akan jadi suatu kain batik yang berpola tersebut.

Membuat Lukisan Pola pada Kain Mori

Cara membuat batik tulis yang selanjutnya adalah membuat suatu pola atau desain yang bisa Anda buat pada bagian kain dengan memakai pensil biasa yang langsung digambar pada kain. Polanya sesuai dengan keinginan Anda sehingga menghasilkan pola lukisan batik yang baik dan sesuai dengan harapan.

Teknik membuat batik pada tahap ini merupakan hal yang paling menentukan, jika pola yang Anda buat bagus maka batik juga akan terlihat bagus. Jadi jangan menyepelekan langkah yang benar pada ini. Buat sebagus mungkin, konsultasikan dengan senior dalam bidang batik tulis ini.

Cara Membuat Batik dengan Mengisi Pola Menggunakan Malam

Langkah pembuatan batik yang selanjutnya adalah mulai membatik. Anda bisa memanaskan terlebih dahulu malam untuk membuat batik tulis di atas wajan atau panci kecil. Penerapan metode batik yang satu ini tidaklah mudah sebab harus dilakukan dengan sangat cepat agar malam tidak cepat mengeras sebelum selesai melakukan pembatikan sehingga Anda memang harus banyak belajar lagi dan lagi.

Hal ini menjadi cara membuat batik tulis yang banyak disukai oleh banyak orang sebab di sini lah jiwa pembatik tulis yang menggunakan canting dan juga malam yang sangat khas pada proses pembuatan batik. Namun suka memang tak sebanding dengan mudahnya cara membatik ini. Banyak orang yang masih belum bisa melakukan pelukisan menggunakan canting dan malam. Bahkan ada yang terluka akibat terkena malam yang panas.

Pewarnaan Awal dan Lukis Kembali Menggunakan Canting dan Malam

Proses pembuatan batik tulis berikutnya adalah dengan melakukan proses pewarnaan dengan menggunakan pewarna kain, sasaran utama pewarnaan kain ini adalah kain yang tidak tertutup dengan malam atau lilin. Proses membuat batik tidak hanya sampai di sini saja, Anda harus mencuci dan mengeringkannya.

Lalu, tahapan membuat batik selanjutnya adalah dengan melukiskan kembali pola selanjutnya yang mana akan tertutup oleh malam tersebut untuk dilakukan proses pewarnaan yang kedua agar tetap memiliki warna pertama setelah dilakukan pewarnaan yang kedua.

cara membuat batik tulis dan cap sederhana

Melakukan Pewarnaan Kedua dan Lukis Kembali Begitu Selanjutnya Sampai Semua Warna yang Dibutuhkan

Cara membuat batik selanjutnya adalah memberikan pewarnaan batik tulis untuk yang keduakalinya. Cara ini digunakan jika Anda berniat untuk pemberian warna lagi sehingga Anda bisa mewarnainya dengan cara seperti di atas tadi. Tahapan membatik yang satu ini bisa Anda lakukan dengan menggunakan pewarna khusus kain.

Setelah diwarnai maka selanjutnya adalah dicuci dan dikeringkan. Setelah itu Anda bisa membersihkan lilin yang menempel dengan merebusnya lalu menimpanya lagi dengan malam, dan mewarnainya lagi. Begitu seterusnya yaitu dengan membuka dan menutup lilin sampai Anda mendapatkan pewarnaan yang baik dan sesuai dengan keinginan Anda.

Cara Membuat Batik dengan Menghilangkan Lapisan Lilin

Cara membuat batik tulis sesudahnya adalah menghilangkan lilin yang menempel pada kain batik yang telah selesai diwarnai. Anda bisa menghilangkan Lilin untuk batik dengan menggunakan air panas yang mendidih yang biasanya disebut dengan proses nglorot.

Tahap membuat batik yang satu ini menggunakan air yang mendidih agar malam yang menempel pada kain bisa mendidih. Sehingga bisa menjadi cairan kembali dan akhirnya larut dalam air sehingga tidak ada yang menempel pada kain. Dinamakan proses nglorot karena lilin akan melorot dari kain ke dalam air sehingga sudah tidak menempel lagi pada kain dan menjadi kain batik tulis yang sangat banyak dicari oleh masyarakat Indonesia pada umunya.

Pada langkah pembuatan batik yang satu ini, tidak boleh dilakukan oleh sembarang orang. Hal ini karena berkaitan dengan air yang mendidih sehingga jika tidak hati-hati dan berpengalaman akan sangat bahaya. Bagi Anda yang ingin mencoba cara ini maka akan lebih baik jika dilakukan dengan pendampingan oleh orang yang sudah berpengalaman. Sehingga Anda dapat belajar membatik dengan lebih aman.

proses pembuatan batik tulis singkat

Mencuci Kain Batik yang Telah Selesai Diwarnai

Proses pembuatan batik tulis yang berikutnya adalah mencuci kain batik yang sudah selesai dilunturkan sisa lilin yang menempel pada kain tersebut. Cara mencuci kain batik juga sangat sederhana, Anda bisa mencucinya dari berbagai zat-zat yang masih terdapat pada kain. Terkadang, juga masih ada pewarna yang masih ikut dalam kain sehingga dengan proses pencucian ini lah Anda bisa menyingkirkan pewarna yang seharusnya sudah luntur saat perebusan.

Jemur Kain dan Mulai Bisa Digunakan

Cara membuat batik tulis yang terakhir adalah melakukan penjemuran kain agar kering dan bisa digunakan. Penjemuran kain batik biasa dilakukan seperti menjemur kain pada umunnya, asal ada panas maka proses ini akan mudah.

Tahapan yang terakhir ini sangat mudah, jangan terlalu kering karena bisa merusak kain, setrika, lalu bisa digunakan.

langkah cara membuat batik cap dengan teknik yang benar
Teknik Pembuatan Batik Cap

Itu tadi merupakan beberapa cara membuat batik tulis sederhana yang bisa Anda terapkan di rumah sebagai pembatik pemula. Selain tulis, ada juga batik cap dan batik jumputan. Agar Anda semakin mahir dalam melakukan kesenian ini maka Anda bisa belajar melalui kursus membatik.

Dan, jangan lupa jika Anda menyukai kain tradisional Indonesia seperti batik dan tenun ikat yang berkualitas dengan harga yang terjangkau, Anda bisa membelinya di toko tenun ini. Ada juga kain yang dibuat dengan teknik batik dan tenun sekaligus. Seperti apa ya? Lihat di kategori Batik Tenun.