Model Baju Couple Tenun Keren

Model baju couple tenun

Pernahkah Anda jumpai dua sejoli yang mengenakan model baju couple tenun ikat? Kain tenun saat ini semakin populer dan mendapat hati terutama di kalangan milenial untuk memaksimalkan fashion-nya.

Terlihat menawan, sarat akan nilai budaya namun terkesan modern, dan sangat lah cocok untuk digunakan pada berbagai momen. Diketahui bahwa Indonesia memiliki kekayaan akan jenis kainnya yang sangat bermanfaat untuk mengembangkan industri fashion.

Salah satu kain khas Indonesia yang memiliki nilai estetis dan bernilai tinggi adalah kain tenun.

Model Baju Couple Tenun Penuh Makna

Kain tenun yang dimiliki setiap daerah di Indonesia mengandung makna-makna tersendiri dan merupakan bagian dari tradisi yang dipercaya secara turun-temurun.

Ada beberapa jenis kain tenun yang bisa Anda temukan di beberapa daerah di Indonesia dengan model maupun motif yang berbeda. Bahkan dari proses pembuatannya pun sangat lah menarik dan penuh akan kesabaran untuk bisa menciptakan satu lembar kain tenun yang bisa diolah menjadi baju-baju yang sangat cantik.

Setiap daerah penghasil kain tersebut memiliki kepercayaan masing-masing akan kesakralan dari kain yang dibuatnya dan sudah dipercaya secara turun-temurun sebagai kain yang harus dihormati. Sehingga, upaya pelestarian budaya yang dipadukan dengan fashion kekinian pun mampu menarik hati dan digemari.

Tenun Tak Selamanya Berkesan Formal

Kain tenun tidak selalu identik digunakan pada acara formal, tetapi bisa menjadi fashion yang menarik untuk acara informal.

Jika biasanya tenun diidentikkan dengan kesan formal yang dikenakan untuk menghadiri pernikahan, namun lambat laut generasi milenial juga berminat untuk menggunakannya dalam segala momen. Bahkan untuk hangout dengan teman-teman pun, tenun tidak membuat kaum milenial ini terlihat tua.

Karena mereka memiliki keinginan sendiri dan kreativitas sendiri untuk bisa mengenakan pakaian tenun yang membuat mereka terlihat kekinian. Bahkan model baju couple kain tenun semakin banyak yang menggunakan dan mampu menampilkan kedekatan dan keromantisan dalam balutan tenun.

Milenial Apresiasi Perajin Tenun

Tenun adalah warisan turun-temurun. Mengenakannya merupakan bagian dari bentuk pemberian apresiasi untuk para perajin yang masih mau membuatnya.

Melibatkan tenun untuk dikenakan dalam kehidupan sehari-hari, tidak terkecuali bagi para milenial, ini adalah bentuk apresiasi yang diberikan kepada para perajin kain tenun.

Di tengah globalisasi yang sarat teknologi, perajin tersebut masih mau dan bertahan untuk melestarikan tradisi nenek moyang agar milenial juga bisa mengenal dan menggunakannya. Bahkan saat ini beberapa desainer tanah air turut mendukung agar tenun bisa disuguhkan dengan model kekinian yang dapat digemari oleh setiap milenial.

Jenis-Jenis Kain Tenun

  • Tenun Ulos
  • Tenun Sumba
  • Tenun Toraja

Kain tenun yang ada di Indonesia tersebar di beberapa daerah dengan nama dan corak yang berbeda-beda. Berikut adalah jenis kain tenun yang ada di Indonesia.

Model Baju Couple Tenun Bentenan

Model baju couple tenun

Model baju couple tenun yang pertama yaitu tenun bentenan. Kain Bentenan sendiri berasal dari Desa Bentenan yang terletak di Pantai Timur Minahas. Desa tersebut merupakan desa di mana Kain Tenun Bentenan pertama kali ditemukan.

Kemudian, terakhir kain ini ditemukan di daerah Ratahan pada tahun 1900. Kain Bentenan sendiri merupakan salah satu kain tenun yang berkualitas tinggi. Baju couple tenun bentenan memiliki motif etnik yang sangat keren dengan motif dominan cokelat.

Model Baju Couple Tenun Sumba

model baju couple tenun

Nusa Tenggara Timur juga memiliki tenun yang sangat khas, yakni tenun Sumba. Warisan yang dimiliki secara turun temurun ini juga selalu dilibatkan dalam setiap upacar adat yang diselenggarakan masyarakat.

Corak Tenun Sumba yang disajikan sangat lah menarik, indah, dan kental akan budaya Sumba. Tidak sedikit wisatawan yang datang untuk berburu kain ini dan semakin tampak indah ketika dibuat model baju couple kain tenun.

Model Baju Couple Tenun Toraja

Model baju couple tenun

Masyarakat Toraja yang berada di Provinsi Sulawesi Selatan memiliki kain khasnya, yakni tenun Toraja. Simbol kemakmuran dan kejayaan melekat di dalam kain ini.

Bahkan kain ini tidak sembarangan bisa digunakan siapa saja. Biasanya kaum bangsawan atau pun masyarakat dengan ekonomi yang baik lah yang menggunakannya.

Warna Tenun Yang Alami

Warna pada benang tenun yang asli menggunakan pewarna-pewarna alami dari alam yang sangat ramah lingkungan.

Warna yang ada pada kain tenun adalah warna-warna yang alami dan berasal dari tumbuh-tumbuhan. Misalkan saja tenun ikat yang juga memberikan warna alami pada benang yang digunakan. Sehingga cara ini sangat lah ramah untuk lingkungan.

Penggunaan warna tersebut berupa akar tanaman mengkudu, biji pinang, dan kulit kayu angsana yang bisa menghasilkan warna merah. Untuk warna hijau dan abu-abu berasal dari daun mangga dan daun suji. Sedangkan warna biru dengan menggunakan daun nila.

Model Baju Couple Tenun Untuk Milenial

  • Dibuat Pakaian Model Kekinian
  • Pasangkan Dengan Pakaian Modern
  • Digunakan Sebagai Aksesoris

Untuk bisa memadupadankan tenun agar lebih stylish ketika digunakan oleh milenial, maka cara ini bisa Anda coba.

Dibuat Pakaian Model Kekinian

Saat Anda sudah memiliki kain tenun, maka Anda bisa segera menyerahkan kepada penjahit profesional untuk membuatnya menjadi pakaian dengan model yang kekinian dan bisa Anda gunakan tidak hanya di momen formal saja.

Pasangkan Dengan Pakaian Modern

Anda bisa berkerasi memadukan tenun dengan pakaian modern yang Anda miliki, misal seperti jeans. Jadi, tidak keseluruhan Anda menggunakan kain tenun.

Digunakan Sebagai Aksesoris

Kain tenun tidak selalu dijahit untuk dijadikan baju. Anda bisa membuatnya menjadi bando untuk menghiasi kepala Anda atau dijadikan aksesoris untuk pakaian Anda yang bisa diletakkan di bagian sekitar pinggang untuk kemudian diikatkan.

Tenun Yang Cocok Untuk Milenial

  • Kain Yang Sederhana Dan Nyaman
  • Warna Yang Menarik
  • Tenun Siap Pakai

Tenun yang kental dengan kesan tradisional, namun agar milenial bisa turut menyukainya, maka ada beberapa tips untuk memilih kain tenun yang cocok digunakan.

Kain Yang Sederhana dan Nyaman

Carilah kain yang sederhana atau tidak terlalu ramai dan Anda merasa nyaman dengan kain tersebut ketika dikenakan. Di mana kain tersebut tidak terlalu tebal yang membuat Anda menggunakannya terasa gerah.

Warna Yang Menarik

Pilih lah warna-warna yang menarik dan cerah, sehingga kain tersebut walaupun tradisional tetapi tidak terlalu jelas dan lebih menyesuaikan dengan kesan kekinian.

Tenun Siap Pakai

Saat ini sudah banyak toko yang menyediakan tenun siap pakai. Jadi, akan lebih memudahkan Anda untuk memilih. Baik berupa baju maupun outer yang menarik untuk menemani Anda jalan-jalan.

Milenial Berani Tampil Beda Dengan Tenun

Mengenakan pakaian berbahan tenun akan memberikan sisi berbeda dari yang lain. Di mana unsur tradisional bisa menyatu dalam perkembangan zaman.

Banyak dari milenial yang memilih untuk menggunakan fashion kekinian yang disesuaikan dengan tren yang sedang ada. Namun, bagi milenial yang mau menggunakan tenun sebagai bagian dari fashion-nya di masa ini, maka Anda sudah berani memberikan penampilan yang beda dengan lainnya.

Jika dibandingkan dengan pengguna pakaian modern, jelas lebih banyak yang menggunakan pakaian modern. Sehingga, ini kesempatan Anda untuk bisa tampil beda dan jarang dengan menggunakan fashion yang melibatkan kain tenun.

Tenun kini bukan lagi dipandang sebagai kain tradisional yang hanya cocok dikenakan oleh kalangan tua saja. Namun, kaum milenial pun juga bisa mengenakannya. Oleh karena itu, saat ini semakin mudah bagi Anda yang ingin mencari model baju couple kain tenun selain di toko-toko juga secara online yang membuat Anda praktis mendapatkannya. Tentunya dengan model yang kekinian dan akan sangat cocok ketika Anda kenakan.

Kalian bisa banget memesan produk tenun di website tokotenun.com. Tonton juga video menarik seputar tenun di channel youtube tokotenun.com.

Summary
Model Baju Couple Tenun Keren
Article Name
Model Baju Couple Tenun Keren
Description
Pernahkah Anda terpana dengan sejoli yang memakai model baju couple tenun? Kain tenun saat ini semakin populer buat pasangan pria dan wanita
Author
Publisher Name
Tokotenun.com
Publisher Logo